Monday, 27 October 2008

Sectio Caesaria

Postingan kali ini pengen cerita pengalaman pribadi lagi…..yaitu Cesar. Yang gue pernah baca dibuku sih Cesar bahasa kedokterannya adalah SC = Sectio Caesarea bukan Semi Concentrate lho, hehehee. katanya disebut Cesar , karena operasi ini pertama kali dilakukan atas kelahiran seorang bayi yang namanya udah bias ditebak……..Julius Caesar…..

Hiii….nggak nyangka-nyangka mau operasi cesar…
Malem itu pukul 19.00 wib, Selasa 8 Nov’05….si Zahra udah 9 bulan di perut….ketuban udah mulai merembes, and langsung cepet2 minta anter hubby ke klinik bersalin. Langsung periksa dalem sama bidan, belum ada bukaan. Kata bidannya Istirahat aja dulu…nggak boleh banyak gerak, waduh! Setau gue sih orang mau ngelahirin di suruh jalan2. Ya udah diturutin aja, dan sambil menunggu “bukaan” disuruh minum antibiotic, biar gak infeksi katanya, karena ketuban sudah pecah. Detik demi detik, minutes, hours….ampe pagi …gak ada bukaan juga. Akhirnya, atas rekomendasi dari dokter jam 09.00 disuntik induksi biar ada bukaan, ampe satu jam diinduksi….nggak ngaruh tuh teteup nggak ngebuka. Udah nebak nih dlam hati, pasti Cesar deh, beneran…nggak lama ibu bidan bilang, Dokter menyarankan untuk segera di Cesar….ya udah pasrah yang penting selamat dua-duanya….

Operasi dimulai pukul 14.00 wib di R.S. Urip Sumoharjo-Lampung by Dr.Arman Sanun, Sp.OG. ketika memasuki ruang operasi…….jreng….ih kok ruangannya putih semua sih, jadi atut…kemudian assistant anastesinya menawarkan, mbak mau spinal atau Total?? Langsung aja buru2 jawab, Total dokkkkk, aku takut liat pisau operasi!!!, untung assistant dokternya masih tetangga gue, thank’s Bidan Lina (almhm)…jadi dia yang bela-in gue biar di bius total….dan ketika pembiusan dimulai dag dig dug…..Allah kembalikan nyawaku……..

Pukul 16.00, kok jamnya goyang ya?? Tepat di depan ranjang gue ada jam di dinding. Oh ternyata gue dah sadar, duh sakiiiiiiiiiiiiiit banged perut gue kaya ada besi panas di perut….ternyata gue udah di HCU (High Care Unit), kata perawatnya, tenang mbak, mbak tadi udah di kasih obat nyerinya, dalam hati gue kok masih sakit??...apalagi nggak dikasih obat yak?? Nggak lama ….mbakku sama my hubby dating bawa si mungil, duhhhh senengnya, kayanya sakit yang tadi jadi berkurang (bukan hilang lho)…Alhamdulillah bayinya lucu, mungil, dan yang penting sehat.

Demikian sekelumit cerita tentang operasi Cesar, hehehee. Nowadays…emang semakin banyak ibu-ibu yang melahirkan dengan cara abnormal/Caesar dan penyebabnya macam2. Tapi….dari informasi yang saya baca di buku, Operasi Caesar bukanlah tindakan by Request. Karena apa? karena melahirkan dengan operasi ini mempunyai resiko kematian yang lebih tinggi daripada melahirkan normal. So, jangan pengen operasi Caesar ya, hanya karena pengen tetep “cantik” hehehehe. Karena sakit pasca operasinya…..wah nggak bisa diungkapin dengan kata2 deh, kalo melahirkan normal kan sakit sebelum lahir, tetapi setelah melahirkan, cepat sembuh….begono.

Karena rasa penasaran gue, kenapa sih bisa Pecah Ketuban Dini (PKD)??
Pengen tau jawabannya?? Hehhe, coba deh buka di : http://konsultasi-spesialis-obsgin.blogspot.com/2008/07/kpsw-prom-ketuban-pecah-dini.html
Panjang banget site nya, soale belum bisa atur link, (jadi maluuu)…ya banyak sih sites yang membahas tentang ini, dari apa yang gue baca, kemungkinan penyebab PKD adalah :

1. Melemahnya selaput ketuban
2. Menurunnya kekuatan regang selaput ketuban
3. Leher rahim yang lemah
4. Air ketuban yang banyak
5. hamil kembar
6. Infeksi saluran kencing dan Vagina

Jadi ada kemungkinan yang mengalami PKD, penyebabnya salah satu dari 6 faktor di atas. Makasih ya Dr.Didi Kusmarjadi,SpOG, jadi tau deh penyebab PKD. Semoga nggak ngalamin PKD lagi, amien.

2 comments:

Caroline Sutrisno said...

aku melahirkannya normal terus sih jadi ga ngerti proses klo sectio, cuman emang temen2 yang sectio ngeluh udahannya lebih sakit daripada ngelahirin normal... :P

Blueberry kitchen Renaldo's Family said...

Aku melahirkan dengan cara sectio mbak dua anakku... sebenernya sudah diusahakan normal tapi yaa... ternyata memang aku susah banget melahirkan normal... yang pertama dan kedua sama2 pembukaannya lambat banget... bahkan anakku yang kedua malah ketubanku sudah hijau...