Friday, 17 October 2008

Kaempferia Galanga, Linn........


Pagi ini lagi pengen tulis2 lagi neh……..akhir-akhir ini rada busy banget (alas an!!)…….dan semalem kepikiran banged pengen nulis yang temanya tentang….kencur….ya kencur, emak-emak banget ya yang dinget bumbu dapur hehehee.
Secara gue dulu emang skripsinya tentang kencur, ampe dosen manggil aku tukang jamu ;-), judulnya kebetulan gue masih inget : Sintesis p-metoksi-1-sinamoilpiperazina dari asam p-metoksisinamat (kalo disuruh menceritakan lagi prosesnya, udah lupa kalee...). Cerita dikit ya….tentang kencur dilihat dari ilmu kimia dan farmasi. Kencur yang bahasa Latinnya Kaempferia galanga, linn, yang di Indonesia biasa digunakan untuk jamu-jamuan dan juga masakan (apalagi buat aroma pecel, enak banged…..ih jadi laper) ternyata setelah di ekstrak dan melalui proses sedemikian rupa (proses kimiawi) mengandung bahan antipiretik (anti nyeri) dan analgesic (anti demam). Dan penelitian yang gue udah garap adalah “mengambil” p-metoksisinamat dan disintesis lagi dengan senyawa amida yang namanya piperazina. Hmppfff……..semoga apa yang udah kami (team) teliti berguna bagi khasanah ilmu pengetahuan Indonesia, amien.

But…….”implementasi” dari apa yang udah gue teliti ya Cuma…….parut kencur, kasih asem, garem dikit…..terus, pake deh buat ngurut my hubby (gedubrak!!), sok nya implementasi, padahal itu sih warisan nyak gue dulu, kalo keseleo pake aja beras kencur di borehin ke yang sakit. Eh tapi bener loh khasiatnya benar2 nyata, coba deh kalo pas capek2, pegel, lelah, letih, lesu, minum aja sangobion , hahahhaa, …..bukan……iya kalo pas kondisi seperti itu, mau manggil tukang urut jauh, ya gitu aja, ambil kencur, parutan, garem dan asem……..krasa banged paginya otot udah nggak tegang lagi, apalagi kalo abis gajian (hush!!)…..

Ya sekian dulu cerita tentang kencur, mudah2an berguna untuk service ke hubby yang lagi capek……..

No comments: