Tuesday 28 April 2009

Jangan Abaikan Anyang-anyangan!!


Bloggers....beberapa minggu yang lalu, gue sempet gak aktif di blog, karena sakit. Awalnya sih karena stress, ortuku sakit, kakakku juga sakit, dan akhirnya lupa minum. Jadi deh yang namanya anyang-anyangan, tau gak?? biasanya kalau orang jawa tau, hhehee, itu lo, yang kalo kencing cuma dikit2 tapi seriiiing banget, dan rasanya panas/sakit...

Biasanya anyang-anyangan, kalau di beri minuman banyak akan langsung sembuh, tapi yang gua alami tuh ampe beberapa hari (3-4 hari), dan puncaknya sakit tuh pada hari ke lima, pinggang berasa kaku, dan sangat panas. Sakitnya...ampe badan panas dingin, menggigil, dan saat itu gua ngerasa sediiiih banget bloggers, feeling gua : ini pasti ada yang gak beres dengan ginjal....

Akhirnya berobatlah gue ke dokter
, dan dilakukan pemeriksaan by ultrasonografi (USG) dan test urine. Hghhhhhh...., detik-demi detik menunggu di panggil USG, seperti menunggu fonis mati, kenapa coba gua sedih kayak gini, usia gua masih 34 tahun, still young ;-) for a mother....

Gua takut kalo sampe kenapa-kenapa, kalo sampe kena batu ginjal, gagal ginjal, dll...Tuhan tolong aku.....kebayang Zahra masih leutik (kecil), akh macem2 lah...
Dan ketika masuk ruangan USG, hati semakin cemas....kayak acara tipi ya, harap-harap cemas....dokter mulai scan bagian abdomen (perut), dari lever, ginjal, jantung, semuanya....begitu selesai...gua nggak sabaran nanya: Dok, ginjalnya gimana??, jawab dokternya : bagus..bagus... leganya......tapi gua mikir lagi, apa dokter ini cuma nenangin gua aja ya???...ok...second test..periksa urine...

Akhirnya di panggil dokter, Ibu Dian....deg..deg...deg...deg....jantung gua mau copot, hehehe hiperbola ya. Bu, ibu kena ISK (infeksi saluran kencing), banyak minum ya, jangan nahan kencing, bla...bla...Terima kasih ya Allah, ....

So Bloggers, jangan abaikan anyang-anyangan, karena anyang2an bisa berasal dari bakteri E.coli, atau jenis bakteri lain, dan obat yang efektif adalah antibiotika,untuk lebih jelas baca disini ya... dan yang paling parah bisa menyerang ginjal...tapi syukurlah sekarang daku sudah sembuh....Alhamdulillah.. Ada teman-teman bloggers yang tau obat herbal ISK apa??karena biasanya obat herbal lebih bagus karena tidak menimbulkan efek samping....

10 comments:

deena said...

mba.. trims info dan sharenya...
jangan suka nahan pi lagi ya mba...

Umi Rina said...

makasih Mam atas infonya... Mesti banyak minum air putih dan jangan nahan ke belakang ya...:)

Btw, aku masih bingung nich mau pasang award Mbak Dian, soalnya masih bingung nama awardnya, sapi atau kambing ya??? :D

UmmiRosma said...

We have the same case dear. I had such infection last month. I admit that I used to hold my urine because I didnt like public toilets. I was prescribed with antibiotics too and now alhamdullilah...

Just remember to consume lot of water to flush the urine away. However, the doctor also advised me to drink boiled barley always which can acts as a flush. I even try to drink green tea but my tummy cant accept it because it induces my gastric. So stick to plain water, juices and barley...

Hope you will be happy with what Inhave shared....take care dearie...

deFranco said...

Anyang2en itu bahasa indonesianya apa ya?? hahaha..kalo orang jaman dulu bilang habis minum panas trus minum dingin itu bisa bikin anyang2en...
Yang jelas emang bikin tersiksa kok penyakit gokil satu itu...

Yannie said...

Anyang-anyangen penyakit yang menyerang wanita karena sistem saluran organ wanita yang pendek sehingga mudah terkena infeksi, Ya tetep jaga kebersihan dan banyak minum aja...Tapi kalau sudah terinfeksi dan tak kunjung sembuh harus diobati untuk membunuh si E.Coli...

susi said...

TFS, ya Ella. Berguna, nih buat aku yang sering nahan ke balakang karena keasyikan di depan si lepi

Unknown said...

Saya mau tanya,kl anyang2an ke dokter umum/spesialis apa ya? Makasih

Unknown said...

Mau tanya kl anyang2ang ke dokter umum/spesialis apa ya? Thanks

alex's family said...

@ayoeku : kalo aku anyang2an hanya ke Dokter umum saja mbak, Insya Allah sembuh, karena nanti akan di beri antibiotik dan antinyerinya, kalau misalnya mau ke spesialis bisa ke dokter penyakit dalam, atau internist....gitu mbak Ayu....

SweeTLovE said...

mbk..numpang tanya ni..aku anyang-anyangan sakit bgt penegen nagis :( obatnya apa mk klo herbal?